Rabu, 22 Juli 2020

UBAH PTK JADI BUKU


Resume Belajar Menulis Gelombang 12
Oleh:  Tabita Bungan
Kuliah menulis malam ini Rabu,22 Juli 2020, membahas tentang  PTK jadi BUKU yang akan disampaikan oleh bapak Lukman Hakim. Acara dibuka oleh Om Jay dan di moderatori oleh bu Sri Sugiastuti.

Profil Narasumber

Lukman Hakim
P3G Jawa Timur
Penerbit Delta Pustaka
Blogger: kelaskuonline.id
: kelasku online
  suka dipanggil Cak Lukman

Beliau mendedikasikan dirinya kepada pengembangan diri guru, mulai dari Pengembangan Diri, Publikasi Ilmiah, dan Karya Inovatif untuk itu saya memiliki lembaga: Pusat Pengembangan Profesi Guru Jawa Timur (wadah pelatihan pengembangan diri) dan Penerbit Delta Pustaka serta Jurnal Inovasi Pembelajaran (wadah PI dan KI)
Beliau menggagas beberapa pelatihan: Materi Propisal PTK: https://www.youtube.com/playlist?list=PLVYSTXgn1aHpeLCJGss9e9a550vAVcirW
Pelatihan PTK ini didesain mulai dari awal sampai menjadi Buku tetapi karena ada pandemi maka terhenti sementara karena untuk penerapannya membutuhkan tatap muka  jika berkenan silahkan  mengikukti video tersebut setelah PTK selesai, maka pelatihan selanjutnya adalah:
 PTK diubah menjadi buku referensi/buku pendidikan Angkatan 2 baru saja selesai dengan menghasilkan 90 karya buku pendidikan/referensi berISBN yang diterbitkan oleh delta pustaka Bagi  yang tidak menulis serius seperti PTK dan  PTK jadi BUKU, saya menggagas Quick Writing Series:di https://www.youtube.com/playlist?list=PLVYSTXgn1aHreRS-xkH5HLeNk-TTnn55f
 QWS ini menulis santai tentang catatam harian guru mulai dari 2-6 halaman tagline: 1 hari 1 buku antologi QWS pertama telah selesai dan menghasilakn 14 buku selama 14 hari Masa pandemi masih berlangsung, maka saya mencoba membuat pelatihan modul terintegrasi Youtube
Pelatihan Modul: https://www.youtube.com/playlist?list=PLVYSTXgn1aHpJEsLql5WgZYg105rDo15V masih berlangsung untuk tingkat lanjut. 
Sesi Tanya Jawab
1 .Assalamualaikum. Saya Wiwin Wintarsih dari SMPN 2 TANJUNGSIANG Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat.  Izin bertanya: Bisakah Pak Lukman menjelaskan bagaimana cara membuat buku catatan harian guru? Jika tidak keberatan dalam bentuk outline. Terima kasih
Sebenarnya semua terjawab di Youtube ini  Quick Writing Series: https://www.youtube.com/playlist?list=PLVYSTXgn1aHreRS-xkH5HLeNk-TTnn55f
 Saya menggagas QWS memang untuk menulis santai outline sederhana: pendahuluan, isi dan penutup pendahuluan: pengalaman menarik dalam aktivitas sebagai seorang guru bagian inti menjelaskan kejadian yang dialami dalam sudut pandang yang menginspirasi  penutup: hal-hal yang dapat diambil oleh ibroh/pelajaran oleh pembaja pembaca kebanyaka adalah catata harian pendek-pendek  dan enak dibaca
2.Ijin.bertanya Assalamualaikum Cak, gimana tips manajemen waktu antara mengajar, menulis, dan mengelola penerbitan? (Hani-Bali)
Menulis bagi saya adalah bagian dari mengajar menulis itu juga memunculkan penerbit semua terkoneksi antar satu dengan lainnya sehingga semua bs berjalan beriringan buku IPA SMK itu muncul dari kebutuhan untuk mengjar saya diterima PNS, masuk tahun ajaran baru saya menggunakan LKS beli 7ribuan saya anggap LKS itu tidak layak tahun ajaran berikutnya saya menghentikan penggunaan LKS dan membuat buku sendiri lahirlah Buku IPA SMK saya terbitkan menggunakan penerbit sendiri yang saya buat sendiri menulis di kelaskuonline.id juga sama apa yang saya alami ketika menjadi guru, saya tulis di sana sebagai tabungan akan saya terbitkan buku kedua Guru Penggerak 4.0 dari tabungan di blog: kelaskuonline.id jadi saya tidak membutuhkan manaj waktu
3.Izin bertanya Bunda : Ai S Dewi SMPN 1 Cibogo. Malam Pak Lukman, Seberapa jauh perbedaan membuat buku dengan e book. Syarat buku kita dibuat e book apa ya? terima kasih
Seberapa jauh perbedaan membuat buku dengan e book. Syarat buku kita dibuat e book apa ya? Tidak ada sihsemua buku yang saya daftarkan dalam bentuk cetak kalo ada permintaan dari penulis untuk diebookkan saya akan ebookan
4.Ijin bertanya saya Katmie dari SMAN 6 Palangka Raya. Kalau misal membuat semacam LKS/LKPD (panduan pembelajaran), apakah bisa dijadikan buku? Apakah harus ada lembar pengesahan/validasi dari Dinas Pendidikan? Terima kasih
Sangat bisa. tetapi jika diberi kelas maka harus berjilid misalkan saya di SMP mengajar IPA maka buku pelajaran harus lengkap 3 mapel karena ada ISBN ber jilid kalo sdh diISBNkan dan diterbitkan tdk perlu validasi dari dinas pendidikan kalo tdk di ISBNkan, maka wajib ada pengesahana, untuk menentukan nilai AK silahkan baca buku 4 PKB
5.Selamat malam Ibu Sri..moderator hbt, ijin mhn tanya sama bapak Lukman narsum luar biasa pernalkan saya nama I Nengah Suradnya  dari Bali, apa yang melatarbelakangi bapak mendirikan sebuah lembaga pengembangan profesi guru di Jawa Timur? Dan manfaat apa yang bapak dapatkan?terima kasih.
6. izin bertanya: untuk PTK harus minimal 80 halaman itu sudah termasuk lampiran-lampiran atau hanya bagian isi? terima kasih Bahrudin dari Rembang
untuk PTK harus minimal 80 halaman itu sudah termasuk lampiran-lampiran atau hanya bagian isi? kalo laporan PTK sesuai kebutuhan, saya pernah membuat PTK lengkap dnegan halamannya 150 halaman kalo PTKjadi BUKU minimal 80 halaman kalo di delta pustaka agar punggung bukunya kelihatan
7.Assalamualaikum Ijin bertanya untuk materi malam ini ya Bun..Saya Kartini, gel 12 dari Bekasi Saya sudah punya beberapa PTK, namun saya masih blm pede dgn PTK saya tersebut, dan PTK itu sudah saya gunakan untuk kenaikan pangkat saya. Yang ingin saya tanyakan, apakah bisa PTK tersebut dijadikan buku ? Demikian pertanyaan dari saya, terimakasih
sangat bisa. PTK jadi BUKU: https://www.youtube.com/playlist?list=PLVYSTXgn1aHr8y3lCtWJm0r_0DhNTypnJ ikuti materi ini saya siap berbagi dengan teman2  silahkan WA pri ingin instan https://youtu.be/Ec0WXYcx-5Q
8.Ass war wab, perkenalkan saya Damdam Efendi dari SMPN 41 Bandung, ijin bertanya Pa Lukman: Bagaimana langkah yg paling mudah dan sederhana untuk mengubah skripsi, tesis, dan PTK menjadi sebuah buku? Jika variabel dalam sebuah PTK sama dapat di PTK kan lagi dalam populasi dan sampel yang berbeda?Terima kasih, Was
Jika variabel dalam sebuah PTK sama dapat di PTK kan lagi dalam populasi dan sampel yang berbeda? Bisa PTK itu memiliki kekhasan yaitu: pada kelas tertentu dan mapel tertentu tidak bisa digeneralisir milanya saya membuat PTK IPA PBL di kelas V-a saya teliti lagi PBL di kelas VII-b, maka tidak ada masalah milanya saya membuat PTK IPA PBL di kelas VII-a
9. Nama saya  Sofina Dari depok Bagaimana caranya  unt menerbitkan bk cepat selesai, sementara kondisi saya satu sisi saya sambil belajar menulis di grup ini. Satu sisi saya juga buat media pembajaran kreatif. Satu sisi saya juga masih mengajar. Rasanya ini mau pecah kepala. Semua mau diselesaikan tapi kepala cuma satu,mana yang didahulukan?
Apa yang dilakukan oleh bunda sofi adalah keperluan pembelajaran media digunakan untuk pembelajaran buku (mungkin) unutk mendukung pembelajaran semua bisa dilakukan bersamaan jika dipaksa memnbagi waktu, gunakan waktu luang saat tdk mengajar untuk menyempatkan diri menulis atau membuat media buat prioritas apa yang ingin diselesaikan dulu  misal antara membuat media dan buku buku lebh urgen daripada media maka selesaikan dulu buku untuk pelatihan, saya pernah menulis di blog saya tdk semua pelatihan harus diikuti  kalo memang hanya memnambah kesibukan, maka bu sofi bisa meninggalkannya karena kita buka superman buat skala prioritas
10.Assalamualaikum Wr Wb, Siti Nurbaya AZ, SMAN Karimun, Kepri  Mohon petunjuk untuk karya inovatif yang berisnb, contoh seperti antologi puisi yang dibuat oleh guru yang bukan guru bahasa. angka kreditnya berapa?
wassallam Karya INovatif  boleh dibuat oleh siapa saja tidak harus guru bahasa yang mampu membuat puisi saya pernah membuat tantangan 1hari1puisi ternyata puisi orang matematika lebh bagus. angka kredit untuk karya inovatif dibagi 2: sedrhana dan kompleks kompleks 4  sederhena 2 lihat buku 4 PKB
11. Assalamualaikum, Pak Lukman Hakim sy bu sri gel. 12, izin bertanya ya, :  Pak kalau quick writing jadi sebuah buku itu menulisnya harus runtut anar bab atau beda bab beda tema / judulnya,  terima kasih atas penjelasannya.  
Pak kalau quick writing jadi sebuah buku itu menulisnya harus runtut anar bab atau beda bab beda tema / judulnya? tidak ada ketentuan seperti itu QWS itu saya konsep bebas  namun jika ingin dibagi beberapa tema akan jauh lbh memudahkan bisa dilihat ebook buku saya Guru 4.0
12. dr Ika Fitriyati bunda kanjeng, ijin bertanya tuk pak lukman. brp lama proses dr mengirin naskah  PTK tuk dijadikan  buku di penerbit Anda?  bgmn juga dengan buku-buku  yang lain, selain ptk? prosedurnya bagaimana?
 1 bulan: layout 1 hari...cetak 2 minggu,  http://kelaskuonline.id/penerbit-delta-pustaka/ kirim naskah, saya tata edit silang saya edit penulis juga edit
13: Izin bertanya Cak. Mohon berkenan berbagi tips PTK pembelajaran daring (Syamsuddin, SMP Al-Qur'an Bogor) Kenapa jarang guru bahasa yang bisa nulis bagus?
 Menulis itu masalah rasa, pak syam masalah rasa tidak akan dipengaruhi oleh latar belakang saya orang fisika tidak ada background bahasa sama seklai saya punya kekhasan, menulis santai dan serius kelaskuonline.id adalah menulis santai dan kadang menulis serius siapapun yang belajar menulis, menulis dan menulism maka dia akan menemukan gaya menulis ATM lah mencontoh kemudian menemukan rasa diri sendiri begitu pak syam genre tulisan saya: cerita nyata dan buku-buku  serius  saya lemah dalam hal sastra cerpen dan puisi, saya tidak mahir
14.Tulisan Cak Lukman tidak hanya ringan untuk dibaca tetapi berkarakter dan mengajarkan kehati-hatian. pertanyaan saya,  apakah menurut Cak Lukman semua tulisan/ catatan harian yang dijadikan buku itu bisa memiliki nilai jual? Bagaimana jika catatan harian itu diambil dari berbagai pengalaman yang berbeda? Apakah kesannya tidak jadi ramai?  (HAMDANI - KEPRI)
Jika ditulis dengan bahasa yang sederhana dan pendek (2-6 halaman A5) dan menginspirasi maka akan sangat layak jual. Tentuk ini masalah PD atau tidaknya penulis sih. Kalo saya tidak pernah menjual buku saya. Saya suka membagikan atau bayar seikhlasnya Bagaimana jika catatan harian itu diambil dari berbagai pengalaman yang berbeda? Apakah kesannya tidak jadi ramai?  Justru itu akan sangat bervariasi ceritanya. dan itu tidak ada masalah. Buku saya Guru 4.0 itu buku campur2. Silahkan teman2 menilai isi bukunya. Saya tulis dengan bahasa yang apa adanya
15.Selamat malam Lukman Perkenalkan saya ibu Aning S dari Pati ...gel 12 Maaf kalau sebelumnya agak keluar tema. Masalah jurnal yang dikirim untuk kenaikan pangkat itu harus memenuhi penerbit jurnal yang sudah beraviliasi dengan perguruan tinggi. Di mana saya harus mengirimkan jurnal itu ? Terima kasih
Sebenarnya di buku 4 tidak ada ketentuan seperti. berafiliasi maksudnya adalah bermitra bestari dengan perguruan tinggi. Kalo bu aning berkenan, saya ada jurnal. Bila dipadang layak, bisa kirim tulisan artikel
16.Seproni Bandung, mohon dikirim buku/ebook sekengkspnya tentang pedomam PTK ?
  kalo bukunya belum selesai saya buat. bisa dipelajari di video.

Kesimpulan: Menulis adalah passion dan rasa. Semua bisa dipelajari. Menulsi apapun itu. Jangan pernah berhenti belajar menulis. Semua penulis hebat selalu diawali dengan penulis pemula. Jika anda sdh menjadi penulis pemula, maka akan ada kemungkinan menjadi penulis hebat. Saya siap membantu menerbtikan buku teman2 Antitolak, antimahal silahkan di coba salam

Salam Literasi
Tabita Bungan
Blog: tabitabungan.blogspot.com

5 komentar: